27
Sep
08

Story of Visual Kei

*Credits to Koma fanzine @ http ://komafanzine.com/*

Visual Kei
Kata visual diambil dari bahasa inggris untuk menjelaskan penampilan visual sang artis, sedangkan kei diambil dari bahasa jepang yang berarti gaya. Visual kei juga disebut sebagai gerakan yang muncul pada akhir tahun 80-an atau awal tahun 90-an di beberapa kota di Jepang terutama tokyo. Namun terjadi beberapa perdebatan mengenai Visual kei, dimana menurut banyak kalangan Visual kei adalah tipe atau style band dan bukan merupakan sebuah genre musik. Jika dipandang sebagai genre, bisa dikatakan Visual kei merupakan penggabungan beberapa aliran musik menjadi satu, dari suasana yang diciptakan, phrase kunci minor dan gaya teaterical musik gothic. Biasanya intonasi gitar menyerupai aliran heavy metal, namun diimbangi dengan riff gitar yang melodik dan drum yang energik layaknya musik punk. Satu perbedaan Visual dan goth adalah kurangnya penggunaan synthesizer. Namun, kesalahan dalam penggunaan kata telah mengartikan visual kei sebagai aliran campuran antara aliran goth rock dan metal.
Band visual ini adalah sebuah sebutan yang berlaku bagi band-band yang mengusung aliran visual kei. Mereka biasanya memasukkan gaya mereka sendiri namun memiliki ciri utama. Struktur musik biasanya mengikuti komposisi gaya pop dan rock, artinya lagu terbagi dalam verse-chorus-verse-chorus-bridge-chorus dan variasinya. Ada juga yang tidak mengikuti struktur ini, tetapi visual kei, walaupun tergolong musik underground dikarenakan gayanya yang penuh semangat, sebenarnya hanyalah turunan dari musik rock. Lirik musik visual kei umumnya beragam dan tidak terfokus, biasanya bercerita tentang sesuatu yang gelap dan terselubung. Bagi yang tidak begitu familiar dengan bahasa Jepang, kesan gelap dari lirik tersebut berkesinambungan dengan kesan angsty (kegelisahan/kemarahan) gaya Visual kei. Terdapat beberapa band dengan penulis lirik yang baik, tapi hal ini hanya merupakan tambahan dan bukan merupakan keharusan.
Ditinjau dari segi penampilan, karakteristik visual kei adalah penampilan yang spektakuler, biasanya androgynous (tidak seperti perempuan tidak seperti laki-laki), dimana kebanyakan dari band-band tersebut beranggotakan laki-laki yang berpakaian penuh warna termasuk mewarnai rambutnya dengan warna-warna yang tak biasa dan juga memakai makeup. Dengan gaya penampilan seperti itu tentu saja mudah menarik perhatian, namun itulah tujuan utama Visual kei. Sebenarnya make up dramatis yang sering digunakan artis Visual kei ini tidak berbeda dengan aliran gothictahun 80-an di eropa dan biasanya gaya Visual kei ini dianut oleh kelompok band yang masih indie. Semakin sebuah band itu terkenal biasanya mereka akan meninggalkan gaya visual ini. Berbeda dengan penampilan luarnya, mereka bukanlah kaum homoseksual, mereka berdandan demikian hanya untuk merebut perhatian orang dan menarik fans. Namun kebanyakan orang beranggapan bahwa band visual tidak mempunyai musik yang bagus karena mereka lebih menonjolkan penampilan mereka. Hal ini mungkin benar bagi beberapa band namun sebagian besar tidak seperti itu karena Visual kei sendiri mempunyai beberapa sub genre jadi masing-masing band memiliki jenis musik dan penampilan yang berbeda-beda dengan kelebihannya masing-masing. Perlu diingat bahwa istilah visual kei dan bahkan J-Rock adalah istilah yang diciptakan oleh fans. Beberapa berpendapat bahwa X Japan lah yang memasukkan kata visual, tetapi tidaklah benar jika dipakai pada band yang sudah meraih kesuksesan (karena biasanya band-band yang terkenal akan meninggalkan gaya visualnya). J-Rock seperti yang diketahui banyak orang, selain orang Jepang, digunakan untuk menyebut band Jepang yang memainkan lagu aliran Rock. Sebenarnya semua band Visual kei adalah termasuk dalam genre Japanese Rock. Ada banyak perdebatan tentang bagaiman para fans menggunakan istilah ini. Visual kei sebenarnya lebih spesifik pada band yang memainkan musik Rock yang lebih kelam daripada musik Rock aliran utama (mainstream).
Jadi, dapat disimpulkan, Visual kei adalah bagian dari musik J-Rock yang berisi band-band dengan pemahaman baru yang mempunyai visi yang sama dengan menggabungkan gaya atau style seperti gothic, metal, punk serta musik dari berbagai genre menjadi suatu gaya rock yang berbeda.

Next : sejarah singkat Visual Kei

source :
wiki.theppn.org
http://www.gardens-of-harmony.freeservers.com/vk.html
http://www.urbandictionary.com


0 Responses to “Story of Visual Kei”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


days

September 2008
S M T W T F S
« Aug   Dec »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930  

Categories


%d bloggers like this: