07
Jan
10

Laruku dijiplak!(L’Arc~en~Ciel Copied by J-rock’s Indonesia)



What’s happen if there is a band who copies most of Laruku’s song?
And Yeah![J-rock’s] is indonesian band who did it!You all know L’Arc~en~Ciel?Their’s the greatest Japanese Rock Band in the world.

Saya mengambil juga referensi dari artikel teman saya.
silahkan baca!

wrote
on August 14, 2009 at 5:59pmIni serius kawan.
Beberapa orang menilai bahwa J-Rocks telah mencederai keoriginalitasan serta kemampuan menulis lagu yang ternyata semua adalah influence dari Laruku. J-Rocks sungguh pintar karena mereka mengakali agar tidak benar2 mirip dengan lagu aslinya yaitu dengan cara: Bila lagu Laruku memainkan not pertama dari nada dasar C Mayor,,maka J-Rocks mengambil nada dasar kedua atau ketiga dari C Mayor juga. Tapi tentu dengan mengikuti progresi chords dan juga pola2 tertentu.Nih daftarnya:

1. Kau curi lagi – Time Goes On
Lagu ciptaan Wima ini punya kemiripan pada bagian Reff nya. Dan juga pada bagian pas mau melody. Dimana ada permainan dari bass.

2. Ceria – C’est La Vie
Ini lagu juga mirip. Perhatikan genjrengannya. Cuma temponya agak berbeda

3. Topeng Sahabat – Shinsoku (Lose Control)
Ini juga lagu mirip deh. Dari atmospir dan suasana lagunya

4. Cahaya Mu – Lover Boy
Suasana nya mirip. Horror dan panic

5. Lepaskan Diriku – Feeling Fine
Kalo ini bukan gw yang bilang sih. Tapi acara topsert yang di trans 7. Yang MC nya Ruben sama Thalita Latief.

6. PDKT – Twinkle twinkle
Yang sama sama lagu ini adalah perpindaha progresi chord nya. Kalo lagu Twinkle-twinkle kan pas reff dari D E Cis Fis Bm G nah kalo J-Rocks dari Gis ke G trus ke C baru ke F Bb sama ke Eb.

7. Kuingin kau untukku – Metropolis
Perhatikan pas reff dari 2 lagu tersebut. Kebetulan yang lagu metropolis tuh reff nya ditaro di depan.

8.Selamat tinggal kekasihku – The Fourth Avenue Cafe
Lagu ini juga bisa dibilang bagian yang paling susah untuk disangkal. Dari gebugan drum serta isi-isian terompetnya persis.

Itu hanyalah sebagian kecil yang bisa diungkap tajam setajam Silet.

DI youtube banyak namget video J-Rocks bawain lagu laruku

Anehnya penggemar J-Rocks malah tambah banyak.Mungkin karena J-Rockstar gak pernah denger lagu2 dari LAruku.

-Vamp K. Fikuri-

J-rock’s disini bukanlah dalam arti band Jepang yang membawakan musik cadas (not japanese rock) melainkan nama band Indonesia yang naik daun setelah menang dalam ajang pencarian band di Indonesia. Kebanyakan penggemar J-rock’s adalah orang-orang yang awam tentang musik&lagu Jepang. Mereka melakukan pembelaan disejumlah situs dunia maya(internet) dengan mengatakan;

  1. J-rock’s hanya terinspirasi.
  2. Laruku yang meniru J-rock’s
  3. Chord mungkin sudah habis, jadi wajar kalau mirip
  4. Kalian sirik sama kesuksesan J-rock’s
  5. Lagunya berbeda,sama dimananya?
  6. J-rock’s kwalitas musiknya juga bagus& lagunya enak-enak

Padahal faktanya adalah;

  1. Jika hanya terinspirasi,mengapa ada banyak lagu J-rock’s yang meniru laruku. Not just copies from l’arc~en~ciel but also to other Japanese band as belle air from Malice mizer! and diamond Busaiku of charllotte. Bukan hanya itu, gaya dandanan,suara,gaya panggung, what’s more?
  2. Laruku meniru J-rock’s? what the hell? Laruku tuh sudah ada dari tahun 1992 hingga sekarang dan lagi lagu laruku yang ditiru J-rock’s itu sudah tercipta sebelum ada J-rock’s. Lagipula setenar apa J-rock’s di Jepang sampai2 Laruku yang terkenal sedunia itu menjiplak lagu mereka!Klo pernyataan ini benar, kenapa J-rock’s mengatakan mereka terinspirasi dari laruku. How pity and stupid statement!
  3. Chord gitar ditambah not angka dengan berbagai variasi urutannya dan interval nada ditambah dinamika serta penekanan not, melalui perhitungan matematikapun dapat menghasilkan lagu yang berbeda dan tidak terhitung jumlahnya. Buktinya banyak musisi yang bisa menciptakan lagu berbeda-beda. Yang ada itu dalam satu band yang bikin lagu hampir mirip di  lagu-lagunya yang lain. Kalau satu band membuat lagu berbeda-beda tapi sama dengan lagu-lagu dari band lain apa namanya kalau bukan menjiplak?! Jika para J-rock star tidak mengerti perkataan saya, How fool they’re!
  4. Untuk apa kita sirik dengan band plagiat? misalkan di sekolah kita ranking 1-nya tukang nyontek sedangkan kita jadi ranking 2, dan kita tahu itu, apa kita sirik? Apalagi ini sudah menjiplak tetap gak bisa mengalahkan band aslinya, tapi para fansnya bertingkah sok hebat dan mengagung-agungkan band plagiat tersebut.=.=p
  5. Beda?sama dimanyanya?punya kuping pasang baik2 di depan speaker HP atau komputer anda, dengarkan Lagu-lagunya J-rock’s dan Laruku!
  6. Kwalitas musik bagus?okay, tapi jangan jadi plagiat donk! Buktikan kalau skill J-rock’s hebat! Buat karya orisinil!

Untuk JRS,BUKA MATA DAN TELINGA KALIAN! KALAU TIDAK SUKA BANDNYA DIPERMALUKAN, BILANG TUH SUPAYA J-ROCK’S JANGAN MENJIPLAK!

Melalui artikel ini saya hanya ingin J-rock’s mengakui penipuan mereka dan berhenti menjiplak!


59 Responses to “Laruku dijiplak!(L’Arc~en~Ciel Copied by J-rock’s Indonesia)”


  1. 1 KIMONO JRS KURAI
    January 7, 2010 at 5:34 pm

    WAH TERNYATA JROCKS ITU PLAGIAT … T__T AKU TERTIPUUU .. >,< .. BUBARKAN SAJA BAND JROCKS

    • 2 Mizu Rei
      January 8, 2010 at 1:45 am

      Kalau bisa tdk dibubarkan,TP DENGAN SYARAT JROCKS HARUS MENGAKU DAN TIDAK MENGULANGINYA LAGI!

      • 3 Heinrich
        January 28, 2010 at 12:58 pm

        wah…….Vamps….lo kebangetan…masa lo ga pernah baca di blog…kalo TETSU mengakui kalo J-ROCK punya warna tersendiri dalam musiknya bahkan kalo LARUKU konser di Indonesia dia pingin kalo J-ROCK yang jadi band pembukanya……..kalo terbukti PLAGIAT…harusnya LARUKU nuntut donk!!!

      • 4 Rei
        January 29, 2010 at 12:27 pm

        Saudara heirich,statement itu dapat darimana?blog siapa?mana linknya?siapa yg menulis?apakah laruku sendiri?dan apakah prnyataan itu dapat dipertanggung jawabkan kebenaranya?ato cuma gossip?

  2. January 14, 2010 at 11:53 am

    abang, kakanda, mas, pak, teman2 skalian…

    tidak munafik dan bukan merupakan suatu pembelaanm saya merupakan seorang fans J-ROCKS dan LARUKU, tetntunya kita sudah tau tempat dan kualitas masing2 band kita ini.

    janganlah terlalu menyudutkan dan suudzon oleh satu pihak, karena kalo kita terus2an melihat orang/ suatu pihak dari sisi negatif nya aja, qt gag akan bisa liat kebaikan2 orang tersebut, wajar kalau didunia ini ada yg pro n ada yg kontra, tp lebih baik lagi jika masing2 kita bersikaplah bijak.

    memang sudah banyak yg membahas J-ROCKS x LARUKU, dan memang banyak kemiripan lagu JROCKS dan LARUKU, tetapi masing2 punya slera dan memang HAK MUTLAK kita untuk berpendapat, tp berikanlah hal2 yg baik berupa kritikan2 yg membangun (karena memang kritikan itu lazi9mnya bersifat n bertujuan utk membangun).

    kembali ke masalah kualitas, sperti yg saya sampaikan diatas, masing2 punya kelebihan dan kekurangan, tapi jgn lah kekurangan itu yg dibesar2kan dan ditonjolkan dan kekurangan tiu sendiri dijadikan utk perbaikan kedepannya.

    bukan membela, apakah teman2 tau bahwa lagunya J-ROCKS sudah ada yg sampai ke telinga MANAGEMENT LARUKU?

    “KONO MUNE NI” sudah terdengar sampai ke Negeri kelahiran HYDE cs itu, dan taukah apa tanbggapan mereka???

    mereka menanggapi positif, mereka mengatakan, bangga dengan adanya grup band non-japan yg bisa masuk ke radio2 jepang dan diminati oleh segenap muda-mudi negara matahari terbit ini…

    dan ketika ditanyakan tetnang ‘kemiripan dengan LARUKU’, mereka menyatakan tidak ada hal yg disebut meniru LARUKU, karena style band2 J-ROCK memang begitulah adanya, yaitu permainan notasi, style vokal dan permainan instrumen2 musiknya (gitar yg dimainkan pada fret2 bawah dan bass yg ‘berbunga’)

    coaba bandingkan lagu RIF (LOE TOE YE) dgn NEW WORLD na LARUKU (bagian intro)
    stau saya lagu ‘loe to ye’ RIF terlebih dahulu tercipta dari pada New World LARUKU
    apakah LARUKU menjiplak RIF???

    influence…memang itulah alasan yg diberikan para member J-ROCKS jika ditanyakan pendapat mereka tentang kesamaan mereka dengan LARUKU, hal ini merupakan suatu yg lumrah karena LARUKU jg mempunyai influence dari dalam ataup[un luar negara mereka.

    coba lihat MACLICE MIZER dgn LARUKU, terlihat vocal HYDE yg hampir mirip dgn MALICE MIZER. apakah ini disebut PLAGIAT??? bukan, karena memang sperti ini lah adanya…

    smoga kita lebih bijak lagi dalam menghadapi suatu masalah

    PEACE ^_^

    • 6 Rei
      January 15, 2010 at 7:29 am

      okay klo terinspirasi,mengapa beberapa lagu sekaligus mirip…sy juga mendengar pendapat bahwa mereka tidak bisa disebut plagiat karena yang sama hanya 7 bar. 7 bar gak salah mas?
      sayang sekali hukum plagiat di Indonesia 8 bar, sedangkan hukum luar negri itu hanya 5 bar.
      berapa lama anda jadi fans laruku?atau jgn2 anda suka laruku karna ikut2an atau setelah mengenal j-rocks?
      Anda mengerti tidak yang dibahas dalam artikel ini dan mengapa banyak yg mengatakn j-rocks plagiat?apa cuma dr vokal?atau hasil rekayasa?berdasarkan bukti mas…coba research,bandingkan lagu2 laruku dengan j-rocks.
      influence itu jelas2 hanya alasan mereka.Lalu siapa yang membahas kekurangan dan kelebihan?anda tidak nyambung
      Apa benar laruku sudah tahu?hyde juga sudah tahu?saya juga banyak mendengar hal serupa hanya sangat disayangkan, tidak ada bukti kongkretnya sama sekali…
      klo benar tunjukkan buktinya berupa video rekamannya asli percakapan mereka, ada?
      klo ada saya akan menghapus artikel ini!

  3. 7 riqhie juyokka
    January 15, 2010 at 3:51 pm

    dah lah gag usah pada ribut ini..

    toh semua ini dah terjadi..
    sikapi degan baik…

    menurut gue c emang lagu2 JR byk yg mirip pi gag segitu.A amu menilai.A semua orang pya hak..

    quw juja cielers ..
    n suka JR karna mirip ama L’Arc..

    yg gue tegazkan..
    menurutku,nhue c pendapatku.
    L’Arc juja gag full orisinil ..
    lagu2 L’Arc ada yg mirip malice mizer,X japan..
    pi itu bukan plagiat..

    emang genre japan – pop itu gto…

    maybe dari pertama amu gag suka jrocks X..
    ea ea..

    L’Arc ea L’Arc,J-rocks ea J-rocks..

    • 8 Rei
      January 16, 2010 at 5:41 am

      sy sudah sering menemui orang seperti anda. Yang kita bicarakan di sini J-rocks…menurut anda cuman mirip? coba dengarkan lagu time goes on dengan kaucuri lagi secara bersamaan. Apa anda menemukan hanya secuil persamaan?semoga anda tidak tuli.
      Seberapa ngefansnya kah anda dengan laruku&berapa lama anda mendengar lagu mereka?lalu tidak ada perasaan apa2 setelah mendengar j-rocks?klo begitu anda masih belum jadi fans sejatinya, bahkan anda rela begitu saja karya2 laruku dijiplak?
      jangan2 anda belum paham betul arti plagiat?!
      L’arc tidak orisinil kata anda?omongan macam apa lagi ini…klo benar begitu sebutkan lagu laruku yang sama dengan lagu band lain…Anda malah membawa-bawa malice mizer dan X’japan yang JELAS-JELAS ALIRAN MUSIKNYA BERBEDA DENGAN LARUKU!
      anda tahu tidak yang dinamakan japan rock itu apa?JAPAN ROCK ITU BUKAN ALIRAN UMUM TAPI LEBIH DITUJUKAN UNTUK MENJELASKAN BAND JEPANG YANG BERKECIMPUNG DALAM DUNIA MUSIK CADAS, sedangkan alirannya sendiri ada rock,ballads,metal,gothic,electronic,dan lain-lain namun dengan sentuhan keorisinilan khas jepang.
      Pengetahuan anda kurang ternyata, pantas bisa menulis statement seperti itu.
      Jika anda berusaha mengubah pikiran para ajrs, saya sarankan anda harus punya bukti nyata,bukan hanya berdasarkan pendapat pribadi…cobalah objektif
      Wah kalo saya saja yang bukan ajrs tidak terima,bagaimana yang lain.

  4. 11 riqhie juyokka
    January 15, 2010 at 3:55 pm

    maap..
    japan rock,bukan japan pop..

  5. 13 riqhie juyokka
    January 15, 2010 at 3:57 pm

    maap..
    japan rock,bukan japan pop..
    coba amu kasih tau pendapatmu ini ke pihak J-Rocks n gimana tanggapan mereka..

  6. 15 Vian Jrs Cielers
    January 16, 2010 at 5:55 am

    woy,mas2,mbak yg ad disni..gua sebagey jrs dan cielers juga ngaku bnyk lgu jr yg mirip sma laruku..jr ny sendiri juga ud ngaku lo..mkany mas (ap mbak?) rei jgn ketinggalan info…ud dri dulu lgi ngomngny..eh mas, x japan kan juga aliranny j-rock kan? kok bsa di bilang beda si?

    • 16 Rei
      January 16, 2010 at 6:42 am

      muncul lagi orang yang tidak tahu apa itu Japanese rock…saya malas klo harus berulang-ulang mengetik ttg japan rock tapi tidak pernah mengerti
      baca dah sendiri:

      Sejarah Singkat Visual kei

      Story of Visual Kei


      atau cari di wikipedia tentang japan rock

      sejak kapan anda jadi cielers? sebelum jrocks indo ada, saya sudah jadi cielers

      saya minta bukti berupa video rekaman atau artikel di majalahnya aja deh…ada ga?
      udah ngaku koq diulangi lagi kesalahannya…tw ga lagu baru mereka ada yang jiplak sobakasu-judy and mary(serba salah) dan juga malice mizer…mw sampai kapan mereka kaya gitu??sayang skill bagus tapi jiplak

  7. 17 Rei
    January 16, 2010 at 1:11 pm

    Sperti sudah pd mulai masuk kdalam rencana sy^^
    rncana apa?cluenx cm 1..sy netral
    selamat menebak2,baik positif thinking mwpun negatif pd sy..syp pintar tw caranx brtindak XD

  8. January 21, 2010 at 11:32 am

    okelah kalau begitu.

    saya amat sangat mengerti sekali seberapa ngeFans nya anda dengan LARUKU dan wawasan anda tentang sifat beberapa sifat teknisnya, sperti, jumlah BAR dalam penciptaan suatu lagu. ataw jangan2 anda seorang musisi jg? sehingga anda sudah bisa menilai pengetahuan org lain…

    tapi coba kita pikirkan utk kedepannya…

    saya rasa pembahasan/ artikel sperti ini sudah lama beredar dan bnyak diperbincangkan, dan bnyak yg sudah paham dan mngerti tentang keadaan J-ROCKS n LARUKU ini, sedikitnya yaitu mereka memahami bahwa LARUKU n J-ROCKS merupakan suatu generasi musik yg berbeda dan tentunya kelas mereka juga berbeda.

    nah…yg jadi pertanyaannya, knp artikel ini muncul lagi?
    kalau tidak salah, saya melihat tanggal postingan anda pada artrikel ini adalah ‘baru’, yaitu baru ditahun ini (7 Januari 2010)

    mengapa anda masih membahasnya?
    apakah anda memang membuatr artikel ini dari pembahasan anda sendiri ataukah hanya sekedar COPAS dari Blog/situs lain?
    apa motivasi anda dlm membahas ini?
    apakah hanya demi eksistensi blog anda ini?

    saya mengutip kalimat anda,
    “…klo begitu anda masih belum jadi fans sejatinya, bahkan anda rela begitu saja karya2 laruku dijiplak?…”

    apakah anda sudah merasa benar2 menjadi ‘fans sejati’ nya LARUKU?
    apakah dgn membahas kemiripan dan mngatakan J-ROCKS itu plagiatornya LARUKU sudah membuktikan anda itu fans sejatinya?
    mngapa anda baru membahsnya sekarang setelah bebrapa tahun yg lalu hal ini dibahas,
    apakah anda yg tidak up to date?

    saya mengutip kalimat anda lagi:
    “…Lalu siapa yang membahas kekurangan dan kelebihan?anda tidak nyambung”

    huffftt….mgkn anda bisa menghayati lagi artikel diatas, tentang apa artikel yg anda buat ini.

    “OPEN UP Ur MIND”

    mngapa anda menjelek2an karya musisi bangsa sendiri?
    siapa lagi yg mendukung musisi Indonesia kalau tidak orang Indonesia itu sendiri?

    kalau anda bner2 fans SEJATInya LARUKU, knapa anda tidak bijak menyikapi hal ini.
    bnyak oirang yg mngaku fans berat LARUKU/ LeCielers, tapi mereka bisa mngerti n tidak terlalu mempersalahkan masalah sperti ini, mereka berpendapat,”jgn kan di Indonesia, di Jepang sendiri, antara satu dan yg lain juga bnyak yg saling menginspirasi, menginfluence, ataw apalah, tapi mereka adem ayem aja kok”

    lihatlah kedepannya Mas…J-ROCKS skarang sudah mempunyai prestasi2 yg -menurut saya- merupakan sebuah kebanggaan. Mereka berhasil menjuarai suatu ajang yg dimana juaranya akan mendapatkan ‘ganjaran’ Rekaman di Studio rekaman ABBEY ROAD di Inggris, yg notabene merupakan studio kelas dunia, tempat musisi2 dunia rekaman.

    kembali lagi ke awal, jgn terlalu melihat sisi (-) tapi lihatlah sisi (+) nya.

    saya bukannya bermaksud mati2an membela J-ROCKS, tapi saya ingin menghilangkan pembahsan yg (lagi2) membanding2kan 2 hal yg jelas2 memiliki kelas yg sama. masing2 mempunyai kekurangan dan kelebihannya masing2.

    saya tunggu jawaban anda ^_^

    • 19 Rei
      January 25, 2010 at 1:05 am

      mengapa saya masih membahas?karena masalah ini blum tuntas
      see this:
      http://www.facebook.com/#/group.php?gid=186161542713

      masalh influence si tidak apa apa tapi lain halnya jika banyak lagu yang sama atau mirip

      bukan menjelekkan,hanya tidak bisa menghindari kenyataan,mereka mengcopy…untuk masalah skill,saya mengakui dan enghargai,hanya klo bisa lebih original lagi

      karena itu yang dibahas disini penjiplakannya…

      saya juga pengen masalah ini cepat selesai,maka dari itu saya menunggu ada jrs yang bisa memberikan alasan yang bisa diterima ajr dan bukti2 yang bisa mengubah citra keplagiatan dalam diri J-rocks itu…klo ada saya bisa menyampaikan pada yang lainnya dan menghapus pembahasan ini.

  9. January 22, 2010 at 7:50 am

    hmm… ada flaming neh.. bwahahaha

    saya ga mau komen useless.
    yang jelas, dari sisi musikalitas + tampang, mereka dinilai lebih.
    tapi dari sisi seni, saya rasa mereka belum bisa dibilang “artist” atau penghasil karya seni. walaupun karya mereka yang makin ke sini semakin diakui bahwa musikalitas mereka stuck disertai hujatan dari berbagai pihak.

    toh artikel yang menyinggung hal ini sudah banyak, blog saya juga nge-post sisi plagiatisme yang j-rock’s punya. bukan dalam segi musik lagi, bahkan iklan…

    ya saya sih cuma saran aja, artikel sejenis sudah banyak berseliweran di blog, semoga artikel anda tidak termasuk artikel yang hanya menyesatkan tanpa ada jalan keluar.

    CMIIW

    *theprass

  10. 22 gua
    January 22, 2010 at 3:00 pm

    alah lebai lu rei…
    bilang za lu ga bisa kaya j-rocks sukses meraih mimpinya
    smw org hidup itu pnya pilihan dan pilihan itu tdk jauh dgn takdir
    repot banget lu jadi orang..urus za diri lu sndiri ngapain ngurusin urusan org lain,kl mnurut lu jrocks itu cupu,tukang plagiat atw apalah
    coba sekarang lu tunjukin lu bisa ga kaya jrocks bahkan lebih contohin jrocks ma lu gmn band yg oke mnurut lu??buktikan jangan omdo lu gede
    payah lu

  11. 23 Rei
    January 25, 2010 at 1:19 am

    ya ampun…sya bilang ini bukan protes dari saya aja tp juga dari sekian banyak orang
    see this:
    http://www.facebook.com/#/group.php?gid=186161542713

    saya ga suka nurutin gaya orang dalam berkarya,apalagi jr…maaf…
    yang ok tu banyak…tielman brothers,wali,PSP,Panas dalam dan band2 indie yang menurut saya ok…

  12. 24 blup
    January 25, 2010 at 3:03 pm

    walah, rei. ngabisin waktu cuma buat nyari kesalahan orang lain.. lu ndiri yg nulis ni artikel ?

    • 25 Rei
      January 27, 2010 at 11:07 am

      wa nulis ini ga lama koq…ga ngabisin waktu…hanya butuh kurang dari 20 menit untuk menulis artikel ini….y tentu saya yang menulis…klo saya copas,pasti akan saya cantumkan sumbernya..saya ikuti etika literatur

  13. 26 sari
    January 25, 2010 at 3:30 pm

    maaf yach rei …. sebelum loe publish niy artikel loe dach minta izin ma yang nulis niy artikel???? gw yakin belum …. klo gitu intinya loe ga jauh beda dong dari pembahasan loe diatas mengenai plagiator … artinya loe juga bisa di sebut sebgai plagiator oleh penulis niy artikel …

    sebaiknya sebelum mendikte orang lain .. coba dech dikte diri loe sendiri … !!!!!

  14. 29 Chiyo
    January 26, 2010 at 11:34 am

    halo Rei ^^
    ada baikny lo memberikan kredibilitas alias nulis siapa yg bikin artikel yg lo ambil ini, coz orangnya udh susah2 bikin artikel tersebut, untuk menghargai jerih payahnya, lo kan sekedar share aja disini. 🙂

    • 30 Rei
      January 27, 2010 at 11:10 am

      gue sendiri yang nulis…silahkan cari siapa yang menulis artikel percis seperti ini!! lihat tanggal penulisannya juga…jangan menuduh sembarangan ya^^

  15. January 26, 2010 at 11:49 am

    saya kutip kalimat anda:

    “…saya juga pengen masalah ini cepat selesai,maka dari itu saya menunggu ada jrs yang bisa memberikan alasan yang bisa diterima ajr dan bukti2 yang bisa mengubah citra keplagiatan dalam diri J-rocks itu…klo ada saya bisa menyampaikan pada yang lainnya dan menghapus pembahasan ini…”

    jadi…anda itu termasuk AJRS???

    kemudian tentang GRUP di FB yg menunut J-ROCKS dibubarkan
    apakah Mas Rei berpatok ke situ?
    apakah grup tersebut yg menjkadi alasan kuat anda untuk tetap membahas artikel yg sudah “kadaluarsa” ini?
    apakah anda tidak berfikir bahwa mereka (gerakan pembubaran j-rocks) hanyalah orang2 yg iri terhadap keberhasilan pihak lain?

    saya kutip kembali kalimat anda:

    “…saya juga pengen masalah ini cepat selesai,maka dari itu saya menunggu ada jrs yang bisa memberikan alasan yang bisa diterima ajr dan bukti2 yang bisa mengubah citra keplagiatan dalam diri J-rocks itu…klo ada saya bisa menyampaikan pada yang lainnya dan menghapus pembahasan ini…”

    apa dan bagaimana caranya agar ada alasan/ pernyataan yg bisa diterima AJRS?
    karena saya kira, mereka hanya ikut2an dan tidak paham benar tentang apa yg mereka lakukan.

    Mungkin, yang mereka tau hanyalah persepsi bahwa J-ROCKS ikut2an LARUKU, TIDAK LEBIH !
    selebihnya mereka hanya ter-PROVOKASI oleh doktrin dan pemikiran2 yg singkat, sperti yg saya katakan sebelumnya bahwa, yang mereka tau hanyalah persepsi bahwa J-ROCKS ikut2an LARUKU, TIDAK LEBIH !

    tidak ada yg bisa menghentikan atau merubah pandangan terhadap orang2 AJRS atau sejenisnya kecuali pemikiran yg lebih bijaksana.

    “INGAT…KEBAIKAN SESEORANG TIDAK AKAN TERLIHAT JIKA KITA HANYA MELIHAT DARI SISI BURUKNYA SAJA.”

    saya kutip lagi:

    “…bukan menjelekkan,hanya tidak bisa menghindari kenyataan,mereka mengcopy…untuk masalah skill,saya mengakui dan enghargai,hanya klo bisa lebih original lagi”

    sbnarnya bagaimana defenisi ORIGINALITAS mnurut anda?
    apakah yg tidak mengikuti STYLE org lain?

    kita ambil contoh sederhananya, ANDA…yg memakai “REI” sbagai nickname anda, saya yakin anda membuat nickname yg sperti itu karena anda ter INSPIRASI arau ter INFLUENCE oleh tokoh/ bahasa Jepang.
    apakah anda seorang PLAGIATOR?
    saya yakin 100000000000000 % anda tidak mau dikatakan sperti itu ^_^

    saya setuju dengan kalimat terakhir Mas Prass diatas, bahwa “semoga artikel anda tidak termasuk artikel yang hanya menyesatkan tanpa ada jalan keluar.”

    ya itu benar dan patut anda renungkan, saya yakin bahwa pemikiran anda tidak lebih dari artikel anda, yaitu hanya membahas bahwa J-ROCKS plagiat disertai dgn kemiripan lagu2.

    apakah ada tindakan lanjutnya? so what for next?

    saya yakin tidak ada…!

    • 32 Rei
      January 27, 2010 at 11:18 am

      ckckck..tentu saya berpatokan ke situ…karena saya menulis artikel ini mendapat dukungan dari mereka…
      dan setahu saya anggota2 dari grup itu banyak yang mengerti musik^^ tentu saja originalitas yang dimasalahkan adalah mengenai aransemen dan nada…ada juga lirik
      dan beberapa jrs pun ada yang mengakui keplagiatan itu…
      nama tidak ada hak ciptanya tapi lagu memiliki hak cipta…apakah klo ada orang yang bernama sama dengan anda lalu anda menuntut???tidak kan???
      tindakan itu bisa dari berbagai hal…termasuk untuk mengungkapkan pendapat..
      dan saya tidak berjuang sendirian…
      mas prass termasuk salah satunya^^kalo tidak percaya lihat saja blog beliau ;D

      terinfluence itu berbeda dengan copycat…ingat itu^^

    • 33 Rei
      January 27, 2010 at 11:20 am

      oya ketinggalan…ajrs tinggal menunggu bukti kalo jrocks tidak plagiat….silahkan berikan itu

  16. 34 Both J-Rockstar and Le Ciel
    January 26, 2010 at 2:21 pm

    setuju dengan mas prass di atas, saya tidak menyangkal bahwa lagu2 J-Rocks banyak yuang memang MIRIP dengan lagu Laruku, tapi seperti yang kita ketahui, MIRIP bukan berarti SAMA (dalam arti copying tanpa melakukan usaha apapun).

    Paling tidak J-Rocks punya sedikit “originalitas”, contohnya lewat lirik2 yang mereka ciptakan sendiri. Setidaknya mereka COPYING pakai OTAK. Lagipula band J-Rocks sendiri juga pasti tahu jikalau mereka melakukan PLAGIAT, siapa sih yang terang2an melakukan PLAGIARISME dan membangga-banggakannya di depan khalayak ramai?

    anda membuat artikel ini dengan tujuan untuk membubarkan J-Rocks saya kira? Jikalau benar, heh, alasan anda benar2 tidak masuk akal..
    so, apakah J-Rocks akan bubar karena anda dan orang2 lain yang sirik seperti anda?
    I THINK IT WON’T HAPPEN MAN, KEEP ON DREAMING

    quote komen dari ARUKA:
    “kita ambil contoh sederhananya, ANDA…yg memakai “REI” sbagai nickname anda, saya yakin anda membuat nickname yg sperti itu karena anda ter INSPIRASI arau ter INFLUENCE oleh tokoh/ bahasa Jepang.
    apakah anda seorang PLAGIATOR?
    saya yakin 100000000000000 % anda tidak mau dikatakan sperti itu ^_^”

    LOL

    • 35 Rei
      January 27, 2010 at 11:25 am

      bubar?apakah ada tulisan saya minta jrocks bubar?
      mas prass juga termasuk teman seperjuangan saya…
      saya sering sekali mendapat pernyataan sirik…sirik atas apa? saya punya bidang sendiri yang dimana saya sukses dengan kerja keras
      maslah nama lagi?di dunia ini banyak orang dilahirkan dengan nama sama,apa ada yang protes?bagaimana dengan orang yang bernama muhammad?apa mereka semua plagiat? saya rasa itu tidak berhubungan dengan yang dibahas^^ini mengenai karya dan hak cipta…

  17. January 27, 2010 at 11:44 am

    OK LAH KALO BEGITU (warteg boyz mode ON ^_^)

    gni…

    ini ada sdikit pnjelasan yg saya kutip, katanya sih pernyataan ini lgsg dari IMAN J-ROCKS !
    tp whatever lah. mw percaya ato ga, mari qt fokus ke isinya, biar ga terlalu lama qt berfilosofi, karena disini dibahas jg masalah teknis nya, doozo….

    *********************************************************************************************

    “halo semuanya..gw udah liat thread ini dari awal sampe yg terakhir. sebelumnya terima kasih atas kritik dan saran kalian semua. semuanya saya tampung kok. sebelumnya begini..saya selalu perduli kok dengan kritik2 kalian dan saya selalu mau mendengarkan. tapi disini permasalahannya adalah masih bnyk yg belum tau perbedaan atau batas antara menjiplak dengan terinfluence….

    Lihat Selengkapnya

    klo menjiplak atau plagiat dari segi musikalitas adalah misalkan ada lagu gw yg lebih dari 8 bar aransemen musiknya, notasi atau melodi lagunya sama persis dengan laruku atau lagu siapalah, itu baru menjiplak dan gw gak akan ngelak dibilang plagiat. tapi permasalahannya disini lagu j-rocks tdk ada yg seperti itu. dari segi melodi lagu atau notasi lagu aja udah beda. walaupum ada yg mirip2 tapi itu sebenarnya hanya nuansanya aja, bukan notnya.

    marilah kita lebih open minded lg. jgn terkungkung oleh kebencian jadinya makin ga obyektif. gw sebagai fans dari semua musisi2 legend didunia. dan menurut gw laruku jg sebagai legend. gak akan lah gw jiplak hasil karya mereka dan gw bilang itu hasil kreasi gw sendiri. haram hukumnya bagi gw. klo misalkan masih bnyk yg bertanya tanya sebenarnya yg bener gmana sih tentang plagiat itu? apakah JROCKS PLAGIATOR..??? atau ternyata emang bener terinfluence..??

    misalkan seperti yg gw baca di thread ini ada yg bermaksud bikin acara tanya jawab, gw akan sangat bersedia sekali walaupun dengan resiko seperti yg gw baca yaitu dimaki2 lah nantinya, dicerca. tapi karena gw merasa ada sesuatu hal yg perlu gw luruskan tentang pemahaman ini. gw merasa wajib untuk membaginya kepada teman2 semua..mungkin nanti bisa hubungi manajemen J-ROCKS untuk hal ini dan gw dengan senang hati akan menerima tawarannya untuk melakukan diskusi. karena kalo lewat tulisan saja akan terasa sulit untuk menjelaskannya. terima kasih sebelumnya.

    coba di telaah lagi. dari segi musik jrocks ga terinfluence sama laruku doang. jrocks bnyk terinfluence oleh musisi2 lain. salah satu contoh, byk yg bilang musiknya jrocks agak mirip muse ya. atau kayak musiknya queen ya..?? atau kayak musiknya penyanyi2 jadul jaman dulu ya..??? dan lain2. trus misalkan kmu bilang jrocks laruku sekali. plek2 laruku. salah besar!!. dari pendapat orang aja udah ketahuan klo jrocks bnyk mengadaptasi dari musik2 lain dan itu emang bener.

    coba lebih objektif lagi deh. dengerin baik2 nadanya pasti gak akan sama persis sama lagu2nya laruku. malah bisa dibilang beda dan itu sudah survey ke para musisi2 yg jelas udah tau laruku. tapi mereka bisa objektif karena sebelumnya ada survei perbandingan. label sebesar aquarius tidak akan mau mengeluarkan atau menerbitkan artis/album yg bisa menyusahkan mereka sendiri. karena label sebesar mereka sudah pasti tau hukum dan jrocks pun tau hukum.

    klo misalkan kmu bilang kok intronya selamat tinggal kekasihku mirip sama 4th avenue cave?? ya emang mirip. saya akuin, tapi gak sama. dan itu masih ga apa2. malah intronya jg mirip lagu potret yg salah. ini klo mau dicari2 kemiripannya. lagunya laruku yg felling fine, itu intronya sangat mirip sekali dengan intro lagunya ramones. dan itu ga2 pa2. sangat mirip padahal. nada flute di lagu niji sangat mirip sekali dengan lagunya LED ZEPPELIN. dan laruku ga dibilang plagiat. nada lagu hitomi no junin pas bagian chorusnya mirip bgt sama lagunya rick asthley. trus pas bagian orchestranya mirip bgt sama go go dols. lagu new world, dengerin intro gitar. progresi gitarnya mirip sama lagunya riff(lu tu ye). shout at the devilnya laruku mirip shout at the devilnya motley crue. progresi chordnya pieces mirip sama my way nya frank sinatra. malah lagu 4th avenue cafe itu aslinya adalah lagu jazz jadul jaman dulu. intronya ready steady go itu mirip bngt sama lagunya RANCID. revelation itu sangat marilyn manson sekali dan masih bnyk lagi klo mau dicari2.

    dari segi stylenya jrocks..kenapa saya pake make up??? trus klo saya pake make up berarti saya adalah plagiatnya Hyde?? trus gmana nasibnya musisi2 jadul era glam rock??? berarti semua musisi2 yg pake make up adalah plagiatnya Haido dong..?? trus dari pakaian..klo saya pake baju ga ada lengan berarti saya plagiatnya Hyde..?? trus gmana nasibnya vokalisnya IRON MAIDEN..?? musisi2 lain yg pake baju tanpa lengan jg. gmana nasib mereka..?? berarti semua musisi yg pake baju tanpa lengan adalah plagiatnya haido dong..?? padahal maksudnya pake baju itu tuh biar lebih bisa bebas bergerak. trus rambut yg agak mohawk saya tapi acak2an atasnya, itu aja dibilang ngikutin hyde. padahal rambut mohawk udah berapa juta juta orang yg make dan saya pun jaman smp-sma aja sering mohawk. dan saya aja waktu pngn digituin rambutnya bukan karena ngeliat hyde..tapi ngeliat gambar cewek trus sama stylistnya dikembangin lagi. ini bukan ngeles loh. ini beneran. coba kalian cari david sylvian. kalian nonton nirvana. kalian nonton band2 era glam rock. kalian nonton david bowie. kalian nonton aja deh atau dengerin lebih byk musik lagi, pasti dari situ akan mendapat kesimpulan.

    sori nih lagi buru2, nanti2 disambung lagi ya. intinya saya jg ngefans kok sama laruku dan band jepun lainnya. malah saya dari thn 95 udah berusaha ngeracunin orang2 dengan musik2 jepun. terutama laruku dan saya seneng bgt akhirnya musik genre ini bisa mulai diterima di masyarakat indonesia. tapi semua itu harus didukung dengan pikiran terbuka dari teman2 semua karena klo ga begitu musik di indonesia ga akan berkembang. ok. pokoknya tetap open minded. jgn cepat terbawa hawa kebencian. lebih jujur aja, tanya kepada hati sanubari kalian. apakah hujatan, makian, cercaan dsbnya itu memang benar adanya..???

    dulu LARUKU tuh cover bandnya DEAD END..and lo pada tau gak klo 3 albumnya laruku mirip sama albumnya dead end..trus hyde yg tuh dia jg morrie wannabe..morrie itu vokalisnya dead end..tetsu jg dandanannya,gayanya,ya mirip sama basisnya dead end..udah deh loe2 orang sebelum ngehina orang lain lebih baik perbanyak dulu deh wawasan bermusiknya..:)..no offence ya..gw cuma membagi sedikit informasi aja..wasalam..”

    **********************************************************************************************

    gmn Mas?

    manusia dibumi ini ga hidup sendirian, tp hidup scara bersama2, karena manusia ntu hakikat na merupakan mkhluk sosial yg ga bisa hidup tanpa org lain n saling BERINTERAKSI…TERPENGARUH 1 SAMA LAIN, jadi wajar klo satu pihak mencontoh (al2 positif) dari pihak lain.

    mnurut saya pembahasan diatas udah cukup padat, membahas dari segi teknis n filosofi bermusik, sang IMAN J-ROCKS (believe it or not klo ntu emg IMAN)

    MGKN NI PENTING BWT DISEBARIN KE TEMAN2 AJRS (AJRS msh qt anggp teman, coz qt masih satu bangsa ^_^)

  18. January 28, 2010 at 3:53 am

    Yuppp!!!

    smoga tmen2 bisa puas n yg TERPENTING lebih OPEN MINDED lg

    sperti sebaris kalimat dr aragraf diatas…

    “….marilah kita lebih open minded lg. jgn terkungkung oleh kebencian jadinya makin ga obyektif.”

    mgkn ini poin pentingnya yg perlu untuk kita renungkan….

    ^_^

    • 39 Rei
      January 28, 2010 at 9:53 am

      bisakah anda berikan link dimana anda dapatkan komentar iman(?) td??

    • 40 Rei
      January 28, 2010 at 9:57 am

      link sangat perlu untuk keaslianya..karena di grup ajr manapun tidak ditemukan iman berkomentar sendiri…maka dari itu,klo tidak ada link akan banyak yang menganggap itu palsu…trima kasih

    • 41 Rei
      January 29, 2010 at 1:07 am

      source: http://www.facebook.com/topic.php?topic=12415&post=61674&uid=186161542713#post61674

      Post #54Fajar Adhitya Nugroho wrote7 hours ago
      entah itu palsu,entah itu asli dari iman sendiri yg kasi statement,intinya butuh berapa kali itu statement di copas??
      bagi yg baca ngerti ga apa yg diomongin di dalemnya?
      udah tau kalo statement itu banyak yg udah matahin?
      apa perlu tanggapan balasan yg mana statementku sendiri aku copas lagi di sini??
      apa juga perlu tanggapan dari temenku juga aku copas di sini?
      kalo seandainya aku taruh di sini,bakal ada yg ngerti ga apa yg diomongin di sini?
      bingung kan dengan semua pertanyaanku?

      Post #55Januar ‘Usagi’ Yushak Ajrs wrote4 hours ago
      itu pernyataan bisa dipertanggung jawabkan ga??
      kalo bisa gwa pengen tanya beberapa hal, yaitu :
      1.lagu new world yang mirip lo to ye(riff)
      gwa bener2 bingung ama pernyataan yang satu ini…
      iman (kalo bener dia yang nulis) beranggapan kalo ken dengerin lagu riff trus berusaha memplagiati riff???statement yang sangat meragukan.
      2.feeling fine(intro) mirip ama lagu ramones
      tolong bisa dikasi link webnya soal lagu ramones mana yang mirip larc
      3.flute nidji yang sama ama lagu LED ZEPPELIN
      coba tolong kasi tau gwa lagu LED ZEPPELIN yang mana yang dijiplak, karena gwa sama sekali ga tau kalo LED ZEPPELIN pake orkestra session sama kayak larc, dan bila memang ada tolong jelaskan orkestra session mana yang dijiplak
      4.shout at the devil(larc) yang mirip dengan Shout at the devil(montley crue)
      coba tolong jelasin detail bagan lagu/part lagu mana yang mirip, karena kalo suasana lagu dan judul doank yang mirip itu ga bisa dijadiin alasan.
      5.ready steady go(intro) ama lagu RANCID
      setau gwa Ready steady go background music pattern-nya jelas beda, lagian intro bass ama drumnya juga ga bisa disamain.
      6.masalah style yang digunakan iman, hyde, dan mohawk(??)
      kalo emang iman bukan hyde-wannabe tolong jelasin kenapa juga waktu pertama tama muncul iman selalu manggung dengan gaya2 mirip hyde, blom lagi Wima yang berusaha mirip ama tetsu atopun almarhum hide (x-japan)
      7.COBA TOLONG DIKASI TAU LINK-NYA KALO LARC COVERIN LAGU2 DEAD END
      soalnya gwa udah search dari jaman kapan, ga pernah ada tuh link yang nunjukin kalo larc cover dead end…

      tolong yang nulis juga lebih teliti lagi saat mo bikin pernyataan, maaf2 aja kalo gwa beranggapan sang penulis itu CUMAN IKUT2AN doank, soalnya gwa sama sekali GA PERNAH LIAT MAUPUN MENDENGAR bahwa larc itu coverin DEAD END…
      kalo Iman dkk jelas pernah bawain jiyueno shotai di TV nasional…
      udah itu tolong diperbaiki cara memberikan pernyataannya, kalo tanpa bukti seperti itu mana ada yang percaya…

      gwa udah search dimana-mana dan EMANG GA ADA lagu2 yang mirip notasinya dengan lagu2 larc kecuali lagu2 iman dkk…
      kalo pun iya pernyataan diawal bisa dipertanggung jawabkan, tolong post disini karena gwa bener2 ingin tau dimana letak kesalahan gwa…

      @fajar : copas aja gan, toh kalo mereka ga ngerti juga bukan salah lo ini…
      mereka aja yang ga tau apa2…

  19. 42 kurniawan wibowo
    January 29, 2010 at 3:15 am

    keren artikel’a..
    LANJUTKAN!
    😀

  20. February 8, 2010 at 9:16 pm

    ass. wr.wb semuanya..

    mata gue udah pegel baca artikel ini dari atas sampe’ bawah dan hasil akhir nya Ajr tetep keras kepala.. =(

    klo pemikiran gue simple aja sih..

    klo emg J-Rocks plagiat Laruku pasti mereka udah kena pasal penjiplakan skrg dan itu merugikan banyak pihak.. dan.. ehm. beritanya pasti ada di TV kan ya?

    gue jujur aja dulu waktu pertama tau klo j-rocks itu band keluaran dari event2 jepang gue lsg coba dngerin lagu2nya, dan gue berpikir “kok mirip lagu2nya laruku ya?”
    tapi emg setelah gue samakan dengan lagu2 yg mirip dengan lagu nya laruku itu emang gag lebih dari 8 bar, bahkan kurang.. jd gue gag terlalu mempermasalahkan lah.. toh laruku jg pasti seneng klo ada yg ter-influence dari karya2 mereka.. =)

    gue mau nanya sama rei, apakah lu pernah ngerasa ter-influence dari musisi2 tertentu?
    apakah lu pernah merasakan menjadi musisi?

    gue rasa klo emg lu musisi, lu pasti ngerti bagaimana rasanya mencintai lagu orang yg menjadi idola kita, dan mungkin itulah yg dirasakan iman dkk, mereka ingin dikenal di indonesia ini dengan image “Influence Laruku” dengan memasukkan sedikit part2 dari lagu2 laruku.. dan itu syah2 aja menurut gue dan Hukum tentu nya, ^^

    gue kasih saran aja buat para Ajr, coba daripada meributkan hal gag guna yg percuma kyk gini, mending coba ciptakan karya2 kalian sndiri untuk bangsa dan negara.. (klo ada)

    klo gag ada jangan cuma bisa mengkritik karya orang dengan kritik yg tidak membangun seperti ini..

    klo mau kritik , berilah kritik yg membangun.. THX.

    Ass.Wr.Wb

    • 44 Rei
      February 9, 2010 at 12:01 pm

      keras kepala…kalo tidak mengerti persoalannya jangan asal komentar…JRS juga keras kepala…yang AJR inginkan cuma pengakuan dari iman cs…ngaku aja susah??dari gaya vokal, gaya panggung,teknik, kisah hidup dan tentunya aransemen laruku wannabe sekali , tapi kalau ditanya aliran ga pernah mengakui, bilang jakarta rocks lah apalah…padahal condongnya ke jepang banget…
      dari voting AJR, mereka paling utama menginginkan pengakuan dari J-rocks…

    • 45 Rei
      February 9, 2010 at 12:02 pm

      ini sudah lebih dari kritik yang membangun…klo begini saja tidak terima, jr tidak akan menjadi kuat…

      • February 10, 2010 at 6:49 pm

        oke, terserah kalian..

        gue cuma kasian aja klo kalian melakukan usaha yg pasti akan sia2 kyk gini..

        andaikan J-rocks emg yg seperti perkataan lu, biarin aja lah.. yg penting positifnya mereka bisa mengangkat nama indonesia… negara kita sendiri bro..

        dan yg mereka lakukan sama sekali gag melanggar hukum.. =)

        smoga kalian bisa lebih dewasa menanggapi hal ini.

      • 47 Rei
        February 11, 2010 at 2:08 am

        mengangkat negara kita? dengan membuat masyarakat luar makin menghina kita sebagai copycat country? sungguh malang bangsa Indonesia punya rakyat yang seperti anda

        gak melanggar hukum? don’t you know?hukum plagiatisme internasional itu 5 bar

      • 48 Rei
        February 11, 2010 at 2:13 am

        lebih baik sia2 daripada tidak berusaha sama sekali

      • February 11, 2010 at 6:47 pm

        haha, lucu..

        klo mereka udah melanggar hukum internasional, pasti udah dituntut ke pengadilan dunia kan?

        tapi mereka malah bisa recording di inggris…

        yaudah, gue gag mau buang2 waktu gue buat debat yg percuma..

        intinya balik lagi.. terserah anda mr.rei.. =)

  21. 50 DENURINO USAGI
    February 9, 2010 at 3:13 pm

    記事であっても完全に古い記事は長けて続行するには

  22. 52 Vincent Vandarizu
    February 11, 2010 at 3:25 am

    tidak melanggar hukum ?
    di indonesia memang bisa di katakan plagiat jika 8 bar.
    jika kurang dari itu memang tidak bisa di katakan plagiat.
    tapi hukum internasional mengatakan 5 bar sudah di katakan plagiat.
    so band iman dan dkk bisa di katakan plagiat kan ?
    dan tolong jangan bilang kami iri dengan band iman dkk.
    kenapa kita harus iri pada band plagiat aneh kan ?
    dan yang bilang jrocks pernah bertemu dan berbicara dengan laruku.
    malah katanya laruku pernah minta jrocks menjadi band pembuka jika laruku konser di indo.
    kami boleh minta buktinya yang real tidak ?
    jujur saja kami belum pernah dengar dan lihat bukti itu KECUALI ANAK PEMBELA IMAN DKK yang bilang.

    terima kasih ^^

  23. 53 hyuuga getshou glay fancher
    February 12, 2010 at 3:20 am

    hahaha alus lah rei

  24. February 14, 2010 at 2:16 pm

    yah masa bodo laruku jg jiplak apa ngga, tp sbg anak Indonesia saya benci ada musisi Indonesia yg dikin karyanya jiplakan, klo kaya gt mn bisa go int’l btar malah bikin malu rusaklah susu sebelangga. Lebih enak nikmatin musik2 indie original, lirik bermutu, skill bagus, go int’l dah byk dari asia tenggara, eropa, sampe AS!

  25. 55 Rei
    February 15, 2010 at 3:10 am

    Ya emang trserah saya,blog2 saya..anthony yg mulai koq^^ada ada aja..
    Jrocks tu rkaman d inggris karna dapat hadiah,scara mreka ngikutin laruku yg skillnx keren,dbandingkan saingan2nx yg lantas menang tu wajar..tp apa kbanggaannx hanya skdar namanx trcantum dlm daftar musisi yg rkaman d road abbey?lalu?nyatanya org2 eropa timur yg sy temui msh blom tau siapa itu jrocks,yg mereka tau malah jrock(genre jepang) dgn kata lain mrk blum trkenal d dunia internasional..siapapun yg menang memang akan rkaman dsana kn..yg hebat tu sponsor yg bs menyewa road abbey sbagai hadiah..

    Rupanya kasus keplagiatan d indonesia,bukan hanya jrocks,bnyk yg blum trjamah hukum dunia..tp hukum moral sudah ada,bnyk org luar mengutuki plagiat2 d indonesia kn..adany para pngguna ameba blog(situs blog jepang) yg mengecam jrocks sepertinya blum cukup bagi anda.
    Dan yg paling menyebalkan ktika sy mengaku org indonesia pd org mancanegara,dgn sinis mreka brkata,”The copycat country”

  26. 56 Rei
    February 15, 2010 at 3:15 am

    Ya emang trserah saya,blog2 saya..anthony yg mulai koq^^ada ada aja..
    Jrocks tu rkaman d inggris karna dapat hadiah,scara mreka ngikutin laruku yg skillnx keren,dbandingkan saingan2nx yg lantas menang tu wajar..tp apa kbanggaannx hanya skdar namanx trcantum dlm daftar musisi yg rkaman d road abbey?lalu?nyatanya org2 eropa timur yg sy temui msh blom tau siapa itu jrocks,yg mereka tau malah jrock(genre jepang) dgn kata lain mrk blum trkenal d dunia internasional..siapapun yg menang memang akan rkaman dsana kn..yg hebat tu sponsor yg bs menyewa road abbey sbagai hadiah..

    Rupanya kasus keplagiatan d indonesia,bukan hanya jrocks,bnyk yg blum trjamah hukum dunia..tp hukum moral sudah ada,bnyk org luar mengutuki plagiat2 d indonesia kn..adany para pngguna ameba blog(situs blog jepang) yg mengecam jrocks sepertinya blum cukup bagi anda.
    Dan yg paling menyebalkan ktika sy mengaku org indonesia pd org mancanegara,dgn sinis mreka brkata,”The copycat country”
    it’s sucks

    • February 18, 2010 at 6:56 pm

      saya hanya tdk mau jari anda kriting tanpa hasil.. =)

      kalau j-rock memang sperti yg anda katakan, nanti jg pasti akan kena dampak nya.

      jd tidak usah buang2 tenaga sperti ini ya rei..
      woles aja.. haha.

      cuma saran sih..

  27. 58 gogogo
    February 15, 2010 at 12:45 pm

    yang bwt artikel bisa nya apa???
    mu jadi kritikus bang??


Leave a reply to Rei Cancel reply


days

January 2010
S M T W T F S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  

Categories